Cara Membuat Channel Youtube Mudah Ditemukan

Halo kawan-kawan. Kembali lagi dengan aku si mahasiswa absurd di blog yang lumayan absurd juga. Tapi, seiring berjalannya waktu.. tau nggak blog ini sudah menemukan passionnya. Kalau bahasa anak blogging yah itu disebut niche. Mungkin untuk yang mau tahu lebih lanjut perjalanan blog ini bisa membaca tulisan aku sebelumnya.

Baca: Digital Creator & Lifestyle Blogger Medan

Sebagai orang yang udah self-proclaimed sebagai digital kreator. Aku akan berbagi beberapa tips untuk kalian para konten kreator yang ingin memulai karir nya didunia perkontenan. Nah.. sesuai judul kali ini, aku akan membagikan tips buat kalian yang ingin mengefektifkan channel youtube maupun video kalian agar mudah ditemukan.

Siapa yang nggak tahu youtube?

Menurutku Youtube adalah platform berbagi video terbesar dan tersukses sekarang ini. Banyak sekali konten kreator besar yang lahir dari sini. Seperti Reza “Arap” Oktovian, Bena Kribo, Edho Zell, Bayu Skak, ChandraLiow, dan masih banyak yang lainnya.

Kalian bertanya-tanya.. bagaimana yah bisa menjadi seperti mereka? Punya channel besar yang dikenal oleh orang-orang. Konten yang kita buat sebenarnya adalah salah satu faktor utamanya. Semenarik apa sih konten kita? Se-menghibur apa sih konten kita?

Tapi, ini semua nggak melulu cerita konten aja. Ada beberapa hal yang kalian pasti nggak sadari. Untuk konten memang kita wajib berfokus meningkatkan selalu kualitasnya. Namun, jika kalian sudah membuat konten bagus-bagus tapi tetep aja nggak muncul di rekomendasi. Disinilah beberapa hal yang kalian lewatkan. Sembari membuat konten yang bagus, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.


1. Membuat Thumbnail yang Menarik

Pernah dengar kan pepatah “Don’t judge a book by it cover”? Nah.. kalau di Youtube aku rasa pepatah itu nggak berlaku. Karena kebanyakan orang malah tertarik dengan cover dari video kita dulu, yaitu thumbnail.

Kita harus mengefektifkan thumbnail dari video yang kita buat. Dengan menambahkan tulisan-tulisan, gambar, spoiler isi video, dan lain-lain. Namun, jangan terlalu banyak juga menambahkan pernak-pernik di thumbnail kalian. Itu hanya akan membuat thumbnail kalian terlihat berlebihan dan norak.

Untuk membuat thumbnail juga jangan mengarah menjadi clickbait. Contoh, di thumbnail kalian membuat gambar ikan dengan tulisan “keajaiban dunia, ikan bisa terbang di angkasa.” Agak alay yakan haha.. namanya juga contoh. Terus rupanya isi video kalian tentang sepatu. Kan nggak nyambung kan?

Nah.. ini bakal berefek sama video tersebut. Bisa aja malah dibanjiri komen negatif, dislike yang banyak, dan yang paling parah.. channel kalian bisa di report beramai-ramai. Jadi, buatlah thumbnail yang menarik tapi dengan kebijaksanaan juga.


2. Berikan Judul yang Efektif

Judul akan menjadi kata kunci utama video kalian. Apa yang kalian tuliskan dijudul, sewaktu-waktu akan muncul dipencarian jika ada yang menuliskan hal yang sama dipencarian. Contoh, judul yang kalian berikan adalah “Youtuber Anak Medan”. Lalu ada pengguna yang menuliskan dipencarian “video youtuber anak medan.” Maka video kalian itu akan muncul dipencarian dia.

Judul yang kalian berikan akan dikelompokkan dengan beberapa video yang memiliki judul atau isian yang sama. Nah.. makanya disini judul yang kalian buat haruslah efektif. Ini juga harus dibarengi dengan riset keywords, metadata, dan lain-lain.

Jangan lupa juga judul yang kalian berikan haruslah relate dengan isi konten video kalian. Jangan melebih-lebihkan bahkan menambahkan hal-hal yang tidak ada di video kalian. Jangan clickbait!


3. Membuat Deskripsi yang Cerdas

Deskripsi cerdas yang dimaksud disini adalah deskripsi yang menjelaskan konten video kalian. Maka buatlah deskripsi yang menjabarkan isi konten kalian tapi tidak secara keseluruhan.

Hal ini dimaksudkan untuk men-trigger atau menarik penonton untuk melihat keseluruhan dari video kalian. Dan juga dengan menuliskan deskripsi akan membuat channel kalian terlihat lebih profesional yang membuat penonton akan lebih tertarik.

Kalian juga bisa menambahkan beberapa informasi yang mungkin kalian ingin berikan terkait dengan kontennya. Kalau dichannelku, aku turut menambahkan beberapa link yang tertaut ke akun sosial media ku. Selain untuk memudahkan penonton untuk berinteraksi denganku secara langsung, ini juga upaya untuk meningkatkan sosial mediaku yang lainnya.


4. Tambahkan Kartu dan Layar Akhir

Kartu atau Cards adalah pesan rekomendasi yang muncul ketika video sedang berjalan. Tepatnya ada di pojok atas kanan layar. Sedangkan Layar akhir atau End Screen adalah rekomendasi video yang muncul di durasi akhir dari video. Akan muncul pop up video yang sudah kalian setting sebelumnya.

Nah.. dalam pengelolaan kartu dan layar akhir ini. Kalian dapat menambahkannya melalui youtube studio. Kalian bisa mengatur video mana yang bakal muncul di kartu dan layar akhir ini secara langsung disana.

Nah.. kegunaan kartu dan layar akhir ini bisa menjadi jembatan kalian untuk memperkenalkan konten-konten kalian sebelumnya. Bisa menjadi alat perkenalan kalian juga kepada konten-konten yang mungkin belum pernah dilihat orang atau bisa juga yang relate dengan konten yang saat itu sedang kalian buat.


5. Konsisten Dalam Mengupload Video

Yupps.. sekali lagi ini tentang konsistensi. Mau dimanapun kalian membuat konten, entah itu di blog, youtube, instagram, tiktok, dan lain-lain. Konsistensi dalam membuat konten adalah salah satu faktor utama untuk sukses menjadi konten kreator.

Nah.. untuk di youtube sendiri, dengan aktif mengupload video. Hal ini akan meningkatkan kesempatan channel kalian untuk dapat ditemukan oleh banyak orang.


6. Buatlah Playlist Video

Membuat playlist dari video-video yang sudah kalian buat. Kenapa ini harus dibuat? Membuat playlist adalah kegiatan mengelompokkan video-video yang ada. Entah itu disamakan jenisnya, sebuah video yang ber-episode, ber-seri, dan lain-lain.

Membuat playlist ini akan membantu penonton untuk melihat video-video yang sama yang sudah kalian kelompokkan. Hal ini membuka kesempatan buat penonton yang ingin menonton video yang sama jenis atau bahasanya mau marathon video jadi dipermudah.

 

7. Kolaborasi

Wahh.. kenapa kolaborasi? Yah.. aku sendiri merasa power yang sebenernya itu ada disini, kolaborasi! Dengan kolaborasi dengan konten kreator lainnya, dapat meningkatkan kesempatan kalian untuk dikenal oleh penonton satu sama lain.

Contoh, penonton kreator yang kalian ajak kolaborasi awalnya nggak mengenal kalian. Tapi setelah membuat konten bersama, penonton dari kreator lainnya jadi mengenal kalian. Nah.. inilah yang dinamakan pelebaran komunitas. Dengan membuat video bersama, bisa jadi penonton menjadi penasaran dengan kalian. Kepo dengan channel dan konten video yang kalian buat. Dan untung-untung bisa menjadi penonton konten kalian juga. Maka dari itu yuk mulai sekarang saling berkolaborasi antar kreator.

Itulah beberapa hal yang dapat aku bagikan. Cara agar membuat channel maupun konten video kalian dapat mudah ditemukan di pencarian youtube. Dengan menerapkan beberapa hal tersebut diharapkan dapat membantu kalian dalam meningkatkan channel youtube kalian. Dan video-video kalian dapat direkomendasikan oleh youtube ke banyak penonton.

Mungkin sampai disini saja tulisanku mengenai seputar youtube. Nantikan tips-tips konten kreator lainnya di blog ini ya. See ya!

Terima kasih sudah membaca.

logo youtube hitam
Youtube lebih dari TV

1 comment:

  1. Menjaga konsistensi dalam konten adalah faktor penting dalam membangun brand yang kuat dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Dengan menentukan gaya dan suara brand yang jelas, membuat kalender konten, fokus pada kualitas, serta menjaga format dan frekuensi publikasi, bisnis dapat menciptakan konten yang terstruktur, relevan, dan efektif.

    Menggunakan influencer marketing memberikan banyak manfaat bagi bisnis, mulai dari meningkatkan kesadaran brand hingga mendorong konversi dan penjualan.

    Identitas brand yang kuat memiliki berbagai tujuan yang esensial bagi keberhasilan sebuah bisnis. Mulai dari membangun kepercayaan dan kredibilitas, membedakan diri dari kompetitor, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu pertumbuhan bisnis.

    ReplyDelete