AdSense Penghasil Uang

Halo kawan-kawan, pagi yang cerah untuk mengawali hari ini dengan senyuman.
Buat kalian yang baca ini di malam hari.. tidurlah, kau butuh itu dan selamat malam.

Kabar baik, disini aku ingin bercerita sedikit sekaligus mengabarkan bahwasanya blog ini sudah terjalin dengan kerja sama AdSense Google. Terhitung sejak aku ajukan pada tanggal 2 Januari kemarin dan disetujui hingga dapat memunculkan iklan di tanggal 3-nya. Cepet yah? Yah aku juga nggak ngerti, banyak yang bilang menunggu acc dari AdSense itu bisa lama banget. Tapi nyatanya aku cuman sehari. 

Memang, sebenarnya aku kurang paham dengan AdSense ini. Banyak hal yang membingungkan hingga membuat aku memutar otak. Sebelumnya aku sudah memiliki akun AdSense buat youtube yang sudah aku persiapkan jikalau persyaratannya terpenuhi. Jadi, aku mengajukannya via penambatan situs di AdSense. Entah ini sudah sesuai prosedur atau tidak, tapi iklan sudah berjalan di blog ini.

Terima kasih buat kalian yang sudah support aku sampai di titik ini. Yah, secara tidak langsung dengan perasaan kepo kalian meng-klik link-link yang aku share di Whatsapp sudah begitu banyak membantuku sampai sekarang. Entah berapa kali aku sudah mengucapkan terima kasih. Mungkin blog ini bakal jadi blog khusus ucapan terima kasih, karena setiap tulisanku pasti ada ucapan terima kasihnya. Hmm… Terima kasih.

Jadi, untuk lebih memperpanjang tulisan ini agar tidak hanya berisi ucapan terima kasih. Aku akan membahas sedikit tentang AdSense yang aku ketahui. Ini bisa menjadi bekal kalian dikemudian hari jikalau ingin bermain dengan dunia blogging atau Konten yang berhubungan dengan AdSense. Baik, mari kita mulai cerita hari ini.


raihan sinaga
Bergaya candid dengan sentuhan sok sibuk..

Pengertian AdSense

Adsense merupakan program kerja sama yang dimiliki Google. Simpelnya yah kita menjalin kerja sama dengan pihak Google. Yakni, mereka akan menampilkan  iklan, kita mendapatkan penghasilan.

Namun, menjalin ikatan cinta dengan Google itu tidaklah mudah. Ada banyak cobaan dan ujian yang harus kita lewati untuk memilih tetap mempertahankan. Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi dalam menjalin kerja sama ini. Tapi, akan kita lewati terlebih dahulu untuk membahas tipe/jenis dari AdSense.


Tipe/Jenis AdSense

Adapun tipe akun AdSense yang aku ketahui adalah AdSense Hosted dengan AdSense Non Hosted. 

Dari beberapa referensi yang pernah aku baca dari blog lainnya. AdSense Hosted sendiri memiliki artian akun yang iklannya hanya bisa ditampilkan di situs partner resmi Google. Yah, seperti Blogger maupun Youtube.

 Sedangkan AdSense Non Hosted  lebih luas cakupannya. Tidak hanya bisa menampilkan di situs partner resmi google, tapi bisa menampilkan iklan di situs lainnya yang bukan bagian dari partner resmi Google. Untuk memiliki akun ini sendiri kalian harus membayar.

Kalau ingin informasi lebih detailnya, kalian bisa mencari referensi di blog-blog lain. Mari semarakkan budaya literasi. Hehe…

 

Syarat Pengajuan Kerja Sama AdSense

Youtube

Syarat yang diberikan untuk menjalin kerja sama AdSense Youtube adalah 4000 jam tonton dan 1000 subscribers. Eittss.. ingat, 4000 jam tonton bukan tayang.

Apa bedanya? Yah secara pengertian sudah sangat berbeda antara tayang dengan tonton. 

Syarat 4000 jam tonton ini berarti total jam yang dihabiskan oleh orang-orang menonton video kita. Nggak terbayangkan itu gimana memenuhi-nya.

Sedikit bercerita, aku sendiri kemarin sudah menembus angka 1000 jam. Namun, karena aku jarang upload video baru angka itu mulai berkurang dengan sendirinya. Sekarang jumlah jam tontonku hanya sampai 200-an. Itu kenapa? Karena dalam syarat AdSense Youtube, kita harus memenuhi syarat itu sebelum 12 bulan terakhir. Maksudnya apa? Maksudnya kita harus penuhi syarat 1000 subscribers dan 4000 jam tonton itu sebelum 12 bulan setelah kita mulai menjalankannya.

Contoh, kita upload satu video di hari ini tanggal 6 januari 2021. Maka kita harus memenuhi syaratnya sebelum tanggal tersebut. Jika sampai tanggal tersebut kita belum memenuhi syaratnya. Maka, hitungan jam tonton dari video tersebut akan ter-reset kembali ke nol. Paham? Kalau belum paham mari kita atur waktu untuk diskusi. J

 

Blogger

Ini dia yang baru aja keterima, AdSense Blogger. Sebenarnya untuk persyaratannya sendiri tidak ada kebijakan yang spesifik yang dapat kita jadikan acuan. Tidak seperti AdSense Youtube yang mematokkan 1000 subscribers dan 4000 jam tonton. 

Tapi saya ada tips yang bisa kalian pakai jika ingin menjalin kerja sama AdSense Blogger, yakni

1) Berusia 18 tahun

Pastikan kalian sudah berusia 18 tahun atau lebih. Karena akun AdSense mengurus penghasilan kalian dan itu membutuhkan berkas dan hal-hal lainnya yang hanya bisa kalian akses di umur 18 tahun. Kalian tidak bisa memanipulasi ini, karena jikalau ketahuan malah akan menimbulkan masalah seperti ter-banned nya akun kalian. Maka untuk blogger muda bersabarlah hingga usia kalian 18 tahun.


2) Konten menarik, berkualitas, dan orisinal

Sudah pasti jikalau kita mau menjadi partner AdSense Blogger. Kita harus memiliki kapasitas yang memadai. Tulisan kita harus menarik, berkualitas, dan asli memang kita yang menulisnya langsung. Karena jika kalian dapat hasil dari copy paste, saya tidak yakin blog kalian bisa diterima oleh AdSense. Karena itu bisa dibilang duplikasi atau plagiarisme.


3) Menyediakan Halaman About, Contact, Privacy & Policy

Seperti yang ada pada blog ini, kalian harus punya fitur about yang mendeskripsikan penulis serta pemilik blog. Ada juga fitur contact yang memudahkan para pembaca jika ingin menghubungi. Serta halaman privacy & policy yang mengatur kebijakan serta menginformasikan bagaimana website/blog kalian mengelola data dan informasi pengunjung. 

Untuk blog ini sendiri aku menerapkan About & Contact yang dapat kalian lihat diatas bersandingan halaman “Home”. Hal ini bisa dibilang memang syarat wajib yang harus kita miliki walaupun memang tidak ada peraturan yang mengatakan kita harus memiliki ini.

Untuk privacy & policy sendiri aku tidak ada menerapkan, dan Alhamdulillah tanpa halaman itu blog ini dapat dimonetisasi. Fitur-fitur yang ada ini harus kalian sediakan agar pertimbangan diterimanya blog kalian di AdSense lebih besar.


4) Tampilan Blog harus menarik dan rapi

Tampilan adalah salah satu hal urgent yang harus kalian pertimbangkan. Kenapa? Karena ibaratkan halaman rumah, tampilan dari blog kalian ini adalah halamannya. Kalian harus dengan rapi mendesain halaman serta fitur yang ada. Supaya para pengunjung tidak sulit maupun bingung untuk menjelajahi blog kalian. Jika halaman kalian berserakan, maka itu bisa saja membuat pengunjung pusing bahkan tidak tertarik dengan blog kita.


Mungkin itu saja sedikit tips dariku, sebenarnya masih banyak hal yang harus kalian lakukan. Tapi setidaknya beberapa tips itu sudah bisa membantu kalian untuk dipertimbangkan dalam kerja sama AdSense. Bukan pelit ilmu atau apa, tapi aku menuliskan ini ditengah malam yang dingin. Dengan penuh kantuk. Jadi, mungkin tulisan ini akan ku sudahi.

Intinya dalam mengembangkan blog. Kalian harus konsisten dalam menulis. Isi blog kalian dengan konten-konten yang menarik tidak ada postingan yang melanggar komunitas seperti postingan berbau hal-hal dewasa dan sebagainya. Buang jauh-jauh pemikiran kalian bahwasanya menulis ini karena menginginkan AdSense-nya saja. Tapi jadikan menulis ini sebagai hobi kalian, maka hal-hal yang kalian inginkan bahkan yang tidak kalian impikan sekalipun bisa datang dengan sendirinya. Biarkan saja seperti air mengalir, yang penting konsistensi tetap dijaga.

Tak terasa sudah begitu panjangnya aku bercerita tentang AdSense ini. Karena memang sungguh banyak hal yang harus kita pelajari jikalau ingin menjalin kerja sama dengannya. Mungkin lain waktu kita dapat berdikusi, melalui blog ini ataupun bertemu secara langsung. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semua dukungannya.

 

Terima Kasih Selalu Ada.


Baca Juga: Cara Membuat Blog

10 comments:

  1. wah, terima kasih tipsnya, mungkin bisa di coba segera untuk adsanse bloggernya, kalau untuk youtube masih lagi mencoba si, semoga bisa jalan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali sudah berkunjung bg. Yok bisa yok, coba-coba berhadiah hehe.. siapa tau kencang penghasilan dari adsensenya. Aku juga lagi membangun semangat lagi buat ngejar adsense youtube nih.. Semangat!

      Delete
  2. Udah lama gak ngecek, lupa akun adsenseku masuk ke mana, kalo dulu sepemahaman awak, bagi baginya antara hosted n non hosted...

    Kalo daftar pake domain tld biasanya 90an persen ke pemilik blog, trus kalo pake blogspot jadinya akun baginya ke pemilik blog 70-80an, lupa deh coba nnti aku cri tau lagi...

    Jdi belajar lagi nih awak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. informasi baru nih. Aku pun masih terus belajar bg. Memang betul pepatah-pepatah itu.. "Tiada kata terlambat untuk belajar".

      Delete
  3. makasih ya...tulisannya menambah semangat untuk rajin nge-blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk semangat terus mbak. Yang penting yakin.. hehe.

      Delete
  4. Banyak banget yang mengejar untuk mendapatkan adsense ini ya. Saya pun sudah pasang juga di blog,untuk youtube pernah ada iklannya tapi sejak peraturan baru sudah hilang iklannya nih. Menanti segera tercapai 4000 jam tayangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah begitulah mbak.. rata-rata orang tahunya yang bisa ngasilin duit itu dari adsense. Eh.. btw 4000 jam tonton yah mbak, bukan jam tayang. Beda tuh.. hihi.. :D

      Delete
  5. Replies
    1. Ur welcome mbak. Semangat yah nge blog nya.. hihi. :D

      Delete