Mengenal Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi..
Iya, kopi. Apa yang kalian pikirkan jika seseorang melontarkan sebuah kata "Kopi"?
Santai.. Senyap.. Diskusi.. Inspirasi.. Imajinasi.. Kopi itu pahit! Walaupun rasanya pahit.. Secangkir kopi dapat memberi kita sebuah kenikmatan juga. Itu tergantung dengan cara apa kita menikmatinya. Seperti halnya hidup ini, hidup akan terasa indah jika kita tau bagaimana menjalaninya.

Pada zaman sekarang, yang dapat kita bilang eranya anak-anak milenial. Nongkrong di suatu tempat sudah menjadi kebiasaan bagi para khalayak muda. Apalagi cafe-cafe sekarang sudah tersebar luas, membuat kemudahan untuk sekedar nongkrong ataupun ngopi.
Disetiap tongkrongan, kopi bukanlah sebuah hal yang tabu. Kalau bisa, setiap hari ditemani oleh secangkir kopi. Ada kenikmatan tersendiri yang menyelimuti dalam hanyutan senda gurau atau sekedar duduk ditemani sebuah kopi.

Banyak kata yang dapat kita gunakan untuk mendeskripsikan sebuah kopi yang sebenarnya. Dan dalam coretan kali ini, saya akan mengajak kalian kawan-kawan untuk mengenal sedikit tentang kopi.
ilustrasi secangkir kopi
Ilustrasi Secangkir Kopi (Source: Pribadi)

Kopi
Kopi adalah sebuah olahan minuman yang didapatkan dari sebuah biji pohon kopi. Kopi sendiri memiliki proses yang panjang sebelum dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sepanjang kenangan demi kenangan yang telah engkau tuliskan bersama dia. Ada banyak jenis kopi yang tersebar dimana-mana. Namun, jenis kopi yang tidak asing lagi ditelinga kita ialah Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

Dalam pemrosesannya menjadi minuman. Biji kopi akan dipanen dari pohonnya dan melewati beberapa proses. Seperti pengeringan, penyangraian, hingga akhirnya kopi akan dihaluskan menjadi sebuah bubuk. Bubuk kopi itulah yang nantinya akan diseduh dan seduhannya itu menjadi minuman yang menghantarkan kebahagiaan bagi para penikmatnya.

Kopi memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Selain dikenal dengan kafein nya yang membuat kita terjaga dan menjadi minuman mahasiswa dikala ngebut tugas 1 malam. Ternyata ada beberapa manfaat lainnya yang dimiliki kopi. Yakni:
  1. Kopi menekan tumbuhnya sel kanker
  2. Menurunkan resiko terkena diabetes
  3. Menjaga sensitivitas terhadap insulin
  4. Mencegah penyakit jantung

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap orang. Ada orang yang mengalami efeknya secara langsung. Adapun orang yang tidak merasakan efeknya sama sekali.

Kopi Jujur
Nah.. setelah saya sedikit memperkenalkan apa itu kopi. Disini saya selaku penulis ingin memperkenalkan yang namanya Kopi Jujur. Eittss.. tapi jangan berpikir bahwasanya Kopi Jujur itu adalah sebuah brand atau sebuah toko yang memperjual belikan kopi ya..
Awalnya saya juga mengira bahwasanya Kopi Jujur adalah sebuah toko atau merk dari sebuah kopi.
Setelah saya mengunjungi akun Instagramnya @kopijujur, ternyata yang saya perkirakan adalah salah.

Kopi Jujur adalah sebuah pergerakan yang mendukung Aksi Satu Juta Cup Kopi Jujur Gratis (#KopiJujurLawanCorona). Yang mana gerakan tersebut akan membagikan kopi kepada tenaga medis, kesehatan, termasuk seluruh karyawan dan staff yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan wabah Covid-19 di Jakarta.
Kopi Jujur menjadi minuman yang di olah menggunakan 100%  kopi asli dan aman dikonsumsi. Dan juga yang terpenting tanpa campuran essen.

Dalam gerakan ini, Kopi Jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista Indonesia, para pengusaha, Millenial Influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, Public Figures, dan seluruh kalangan masyarakat untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah corona yang semakin hari semakin menjadi.

Gerakan ini direncanakan akan dilakukan selama 2 bulan. Ini terhitung dari 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020. Awal debut gerakan ini dimulai dari Bencoolen Coffee yang memberikan 10 ribu cup kopi jujur gratis. yakni, Kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli, Kopi Filter, Kopi Jahe, Tenaga Barista, dan Peralatan Kopi Lengkap yang disalurkan kepada Rumah Sakit Rujukan di Jakarta. Sejauh saya mencoretkan blog ini, gerakan Aksi Satu Juta Cup Kopi Jujur Gratis sudah membantu 8 Rumah Sakit rujukan yang ada di Jakarta.

ilustrasi kopi jujur
Ilustrasi Biji Kopi (Source: Pribadi)

Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Seperti yang saya katakan sebelumnya diatas. Kopi jujur tanpa campuran essen, kopi mengandung 100% kopi asli sehingga aman untuk dikonsumsi. Apa itu Essen? Saya akan sedikit menjelaskan apa itu essen, dan efek apa yang ditimbulkan jika kopi menggunakan essen.

Essen sendiri merupakan campuran/bahan yang dapat menguatkan sebuah aroma pada makanan maupun minuman. Namun, akhir-akhir ini ekstrak ini juga digunakan pada kopi. Yang mana membuat aroma dari kopi itu sendiri menjadi semerbak, bak cinta pandangan pertama yang begitu menggairahkan.

Nah.. dari sini kita sudah bisa menyimpulkan. Bahwasanya kopi jujur itu memang benar-benar menggunakan kopi asli 100%. Hal ini pula yang membuat kopi ini terjaga ke alamiannya. Tanpa ada sentuh tangan dari yang namanya essen. Menurut penulis, dengan menambahkan campuran essen malah membuat kopi jadi tidak Real/nyata. Bagaikan berselimut pada kebohongan belaka. Sebagai penikmat kopi, kita tidak suka yang namanya kebohongan. Biarkan harum keaslian dari kopi itu sendiri yang merasuk kedalam dan menyebar ke segala titik-titik sekujur tubuh.

Saat ini, Kopi Jujur masih membuka lebar telapak tangan untuk mengajak kalian bersama-sama dalam aksi solidaritas menuju 1 juta cup kopi gratis. Adapun hal-hal yang dapat kalian bantu, yakni Tenaga Barista Pejuang, Peralatan Kopi, Tenaga dan Kendaraan untuk Logistik.
Mari kita saling support dalam epidemi yang sedang terjadi di Indonesia ini. Bersama kita bisa! Mari kita bangkit bersama #KopiJujurLawanCorona .

Untuk info lebih lanjut tentang KOPI JUJUR. Kalian dapat mengunjungi website resmi dari KOPI JUJUR disini: Kopi Jujur



Daftar Baca:
http://www.kopijujur.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4232998/semakin-canggih-produk-esens-dan-ekstrak-bikin-aroma-kopi-semerbak

6 comments:

  1. Wah, informasi yang sangat bermanfaat. Ternyata kopi bisa membantu melawan corona. Yah, kopi jujur namanya. Kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. jadi kopi jujur ini mengajak kita bersama-sama dalam aksi solidaritas 1 juta cup kopi jujur gratis..

      Delete
  2. Info yang sangat bermanfaat, jangan nyerah untuk kopi jujur, semoga bisa melawan corona

    ReplyDelete