#DiRumahAja Melawan #AlwaysDiRumah

#DiRumahAja
Belum lama ini media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan media-media sosial lainnya. Telah diramaikan oleh orang-orang yang menggunakan sebuah Hashtag yang begitu fenomenal. Yakni, #DiRumahAja. Hal ini pula sebagai tanda sebuah ajakan kepada masyarakat untuk tetap berada dirumah masing-masing. Covid-19 adalah alasan utamanya. Wabah virus mematikan yang sedang marak penyebarannya, mejadi alasan bagi semua orang untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga jarak kepada siapapun (Psychical Distance).

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengeluarkan sebuah kebijakan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Dan sekarang telah diperbaharui dengan diadakannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Ajakan #DiRumahAja pula sebagai cara pencegahan yang paling mendasar untuk terjadinya penyebaran virus Covid-19 ini. Seperti yang diungkap oleh WHO dan Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes). Yang mana menghimbau setiap orang untuk menghindari kontak dari manusia ke manusia untuk meminimalisir penyebaran virus yang tidak terdeteksi ini.

#DiRumahAja menjadi jargon yang sering dipakai oleh banyak kalangan. Seperti artis papan atas, youtubers, selebgram, dan kalangan influencers lainnya juga menggunakannya. Yang menjadi pertanyaannya saat ini. Apa yang akan kalian lakukan jika berada dirumah seharian?

bernapas
Bernapas (Source: Pribadi)


Saya sendiri tidak terkejut dengan adanya #DiRumahAja. Karena saya memang selalu berada dirumah aja (#AlwaysDiRumah). So sad... :')
Tapi eh tapi.. saya merasa menjadi senior disini. Karena saya sudah terbiasa dengan hiruk pikuk dunia perumahan.. haha ambigu yah..

Dengan ini saya mendeklarasikan bahwasanya dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Saya selaku Senior #AlwaysDiRumah akan menjadi mentor dan memberikan Tips and Tricks kepada teman-teman sekalian yang baru #DiRumahAja. mhehehehe..

Sebenarnya banyak hal yang dapat kalian lakukan selama menghabiskan waktu dirumah. Mungkin, sebagian dari kalian saja yang tidak menyadarinya (seperti rasa cintaku ke doi.. hiks). Kalian juga bisa mengisi waktu luang dengan salto-salto.. bengong seharian.. bernapas.. namun itu semua saya rasa tidak ada manfaatnya. Nahh.. sekarang saya akan memberikan beberapa aktivitas yang mungkin dapat membuat hari demi hari kalian dirumah menjadi bermanfaat. Check this out!

1. Olahraga atau Workout
Aktivitas ini memang sudah menjadi salah satu kewajiban bagi kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Di masa pandemi saat ini, kita harus pintar-pintar cari keringat (bukan cari jodoh). Supaya metabolisme dalam tubuh kita juga lancar. Tidak sedikit olahraga yang dapat kalian lakukan dirumah SENDIRIAN. Seperti berlari-lari keliling lapangan, push up, sit up, angkat beban (bukan beban hidup), Mountain Climber, Squat, dan masih banyak yang lainnya.

Saya sendiri berolahraga dengan bersepeda setiap pagi hari disaat udara segar masih menemani. Dingin sih.. tapi gak sedingin doi.. cyeilehhh bucin mulu. -,-
Iya, memang sih kita harus dirumah aja.. tapi abis bersepeda langsung pulang kok.. janjilah :v
Terus, kalau sore sering workout. Yahh.. workout nya tidak jauh-jauh dari apa yang aku jabarin diatas.

2. Membaca
Aktivitas yang kedua ini tak jarang malas untuk dilakukan bagi beberapa orang. Jujur, saya sendiri juga terkadang memiliki rasa malas untuk membaca. Namun, disini saya akan tetap memasukkan aktivitas ini sebagai tambahan kegiatan kalian dirumah. Tahukah kalian, bahwa membaca itu memiliki banyak manfaat juga loh! Dari yang namanya menambah wawasan, menambah kosakata, dan juga bisa memberi inspirasi yang tak terduga. Hal ini pula didukung dengan bacaan apa yang kita baca.

Ini juga termasuk membaca buku, berita, meme yang menghibur, dan masih banyak yang lainnya. (Kalau membaca sms atau pesan juga semua bisa)

3. Perawatan Diri
Nah.. kalau aktivitas ini pasti saya percaya banyak dari kalangan wanita yang menyenanginya. Dari itu maskeran, luluran, dan masih banyak yang lainnya. Saya juga kurang mengerti sebagai lelaki. Namun, bayangkan saja anda berkumpul dengan teman-teman dengan wajah glowing dan tubuh sehat nantinya. Pasti mereka akan kagum dan bertanya-tanya bagaimana bisa kamu berubah begitu cepat. Saya jamin kalian gak akan merasa sia-sia telah menghabiskan waktu dirumah aja.

4. Menulis
Karena yang saya cantumkan ini adalah aktivitas-aktivitas bermanfaat yang dapat kalian lakukan dirumah. Saya sarankan juga kalian untuk menulis. Seperti yang saya lakukan saat ini, saya sedang menulis sebuah artikel dalam blog. Ya walaupun kadang tulisan saya juga tidak ada manfaatnya, tapi saya masih terus saja menulis. Karena kalau bukan sekarang, kapan lagi kita akan memulainya. Tidak ada seseorang yang terlahir langsung diatas. Kita harus mencoba merangkak melewati segala rintangan yang ada. Hitung-hitung ini juga sebagai ajang latihan bagi kita.

Saya akan mengutip kata-kata dari bapak Pramoedya Ananta Toer. "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah."

Jadi, kesimpulannya.. menulislah! Jangan bilang tidak pandai. Penjelasannya cukup sederhana, jikalau kita orang yang penting dan berkompeten tetapi kita tidak membuat sebuah karya yang akan membuat kita diingat oleh sejarah. Kita bisa saja terlupakan begitu saja. Lain halnya jika kita mencoba untuk menulis. Beberapa tulisan kita pasti bakal tersusun rapi diantara jajaran tulisan para pemikir lainnya. Yang membuat nama kita akan abadi walaupun telah ditelan zaman. Menurut saya kita semua adalah orang yang pandai. Tidak ada seorang pun yang bodoh didunia ini. Tetapi, kita hanyalah seseorang yang begitu malas. Begitu malasnya hingga untuk membawa perubahan dari diri sendiri pun tak mau.
Setidaknya kalian bisa mulai tulis pengalaman kalian selama pandemi Covid-19 ini. Menulis opini, curhat dan masih banyak lainnya.
di rumah aja
Dirumah Aja (Source: Pribadi)

Mungkin itu saja beberapa aktivitas yang dapat saya sarankan kepada kawan-kawan semua. Apapun kesibukan yang kalian lakukan, sebenarnya tergantung pada diri kalian sendiri. Temukan passion mu, dan carilah kegiatan-kegiatan yang memang bermanfaat yang kalian senangi. Jangan lakukan suatu hal dengan terpaksa. Karena apapun hal yang dilakukan dengan terpaksa itu tidak baik. (Seperti rasa cintaku kepada doi.. hiks)

Cukup sekian coretan dari saya kali ini. Mudah-mudahan dapat mengobati rasa gabut kalian yang baru menggalakkan gerakan #DiRumahAja. Dan semoga kalian akan cepat menjadi senior #AlwaysDiRumah.. mhehehe

Tetap jaga kesehatan dan jaga jarak dengan si doi..
Lebih kurang saya mohon maaf, Wassalam..

2 comments:

  1. Wahh, iya betul lah informasinya, terimakasih admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca coretan ini ya.. Tetap setia membaca coretan-coretan lainnya.. hihi

      Terima kasih.

      Delete