Dilema MBKM: Prologue

MBKM, sebuah singkatan dari Merdeka Belajar Kampus Mengajar. Kampus mengajar adalah sebuah program yang di inisiasi oleh the one and only Bapak kemendikbudristek Nadiem Makarim. Siapa lagi yang tidak mengenal beliau? Mas menteri dengan segudang ide cemerlang dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Lalu, apa sih Kampus Mengajar itu? Terus tujuannya apa? Sebelumnya aku mau memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Halo, kenalin.. nama ku adalah Raihan Sinaga. Mungkin untuk pembaca setia dari blog ku sudah mengenal siapa aku. Yah.. salam buat para pembaca baru, yang mungkin kesasar karena sedang mencari info tentang apa itu MBKM. Tapi karena keywords yang diberikan pada blog ini, malah membuat kalian kesasar di blog milik mahasiswa absurd ini.

Jadi, aku adalah salah satu mahasiswa yang terpilih dari ribuan mahasiswa yang terdaftar dalam program ini. Dan aku memiliki kesempatan untuk terjun langsung ke sekolah dasar yang ditugaskan untuk membantu dalam peningkatan literasi dan numerasi di sekolah.

Dilema MBKM, ini adalah judul besar yang akan selalu aku bawa dalam tulisanku selama mengikuti program kampus mengajar. Semoga kedepannya aku bisa rutin berbagi cerita dan menuliskan setiap momen yang aku jalani selama mengikuti program kampus mengajar ini. Dengan beberapa sub judul yang mungkin akan kutemukan seiring berjalannya waktu. Tapi aku harap kalian tidak memberikan ekspektasi lebih kepada tulisan ini. Jangan mengharapkan kalimat-kalimat indah nan elok yang dapat memotivasi diri kalian. Karena aku sendiri nggak punya hidup superior yang bisa memotivasi banyak pribadi. Aku adalah aku, masih tetap menjadi manusia yang sama yang dibentuk oleh suatu keadaan dan waktu.

 

Merdeka Belajar - Kampus Mengajar

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, program kampus mengajar adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Bapak Nadiem Makarim. Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Dari website resmi Kampus Merdeka yang aku baca, aku mendapatkan informasi bahwa program ini akan melibatkan setidaknya 3.400 Sekolah Dasar dan 375 Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia. Jadi, seluruh mahasiswa yang telah melewati tahapan seleksi dan diterima dalam program ini. Akan langsung terjun ke sekolah yang telah ditetapkan.

Program ini sendiri akan menghabiskan waktu selama 6 bulan atau terhitung selama 1 semester perkuliahan. Wah.. semoga dalam waktu yang tidak singkat ini, aku dan mahasiswa-mahasiswa terpilih lainnya dapat amanah dan bertanggung jawab dalam menjalankan program ini.

Mungkin sampai disini saja tulisan pertama sekaligus perkenalan kita tentang apa itu MKBM, apa itu Merdeka Belajar Kampur Mengajar. Tunggu tulisan-tulisanku selanjutnya mengenai program ini. Semoga hari-hari kalian menyenangkan. Terima Kasih.


Kampus Merdeka

No comments:

Post a Comment