Secercah Cahaya Terpancar ke Pedalaman Indonesia

Hallo kawan-kawan.. kembali lagi dengan sedikit tulisan yang akan menemani indahnya hari-hari yang kalian jalani. Harapan saya buat kalian semua, semoga sehat dimanapun kalian berada dan lancar menjalani setiap aktivitas yang ada.
Kali ini saya akan membawakan informasi yang berat, iya berat.. seberat rinduku mengirimkan coretan ini pada kalian semua.. haha.. Oke Lanjut..

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), iya Indonesia.. Negara tercinta kita yang dibangun dari curah keringat para pahlawan yang berjuang memerdekakannya. Jumlah penduduk Indonesia sendiri berdasarkan data terakhir (2015) yakni 238,518,000 jiwa. Yang diperkirakan akan meningkat sebesar 271.066.000 jiwa di tahun 2020. Sungguh banyak kan? Pernah tidak kita berpikir bagaimana saudara-saudara kita diluar sana?  Masih ada tidak kepedulian kita terhadap sesama?

Indonesia sendiri memiliki wilayah yang cukup luas, memiliki beragam macam suku dan budaya. Dari sabang sampai ke Merauke, berjajar pulau-pulau dan banyak dari saudara-saudara kita tinggal di tiap sudutnya. Lalu, Pernahkah kawan-kawan memikirkan saudara-saudara yang tinggal di pedalaman dan pelosok-pelosok bumi kita? Tahukah kalian, bahwasanya masih banyak saudara-saudara kita yang tinggal dipedalaman yang sangat membutuhkan bantuan. Begitu banyak kekurangan yang masih menjadi masalah di pedalaman. Yakni, Kurangnya bantuan kesehatan, sarana transportasi, pembangunan infrastruktur, dan juga hal yang paling pokok dalam kehidupan yaitu Pendidikan.

Lalu apa yang harus kita lakukan selaku saudara dari anak-anak ibu pertiwi ini? Jika kita pikirkan sendiri, memang begitu sulit jika kita melakukan itu semua. Bagaimana kita seseorang yang mungkin bukan siapa-siapa bisa membantu mereka. Ahh!! mana mungkin aku bisa (Teriak kalian dalam hati).
Eittss.. tapi tunggu dulu kawan-kawan..
Kebanyakan dari kalian pasti berpikir bahwasanya jika mau membantu mereka pasti membutuhkan tenaga yang lebih. Apalagi jika di pikir-pikir untuk menjangkau dan bertemu langsung bersama saudara-saudara kita sungguh sulit dirasa. Nahh.. Untuk itu alasan Insan Bumi Mandiri hadir untuk membantu kita menyalurkan donasi kepada saudara-saudara dipedalaman hingga mendapatkan kehidupan yang gemilang.

Insan Bumi Mandiri merupakan lembaga filantropi yang bergerak untuk membangun pedalaman Indonesia Timur. Mereka percaya bahwasanya jika kita membuat sebuah langkah kecil bersama, maka akan dapat menciptakan jejak kebaikan bagi saudara-saudara kita yang hidup dipedalaman.  Hal ini juga mempermudah kita untuk menyalurkan donasi. Donasi-donasi yang telah diberikan juga akan langsung disampaikan kepedalaman melalui relawan-relawan Insan Bumi Mandiri.


Insan Bumi Mandiri ini sendiri sudah berdiri dan mendedikasikan dirinya selama 4 tahun lamanya. Insan Bumi Mandiri yang berkantor di Jalan Setra Dago Barat No.25, Antapani Kulon, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat dalam 4 tahun tersebut. Insan Bumi Mandiri melalu donasi-donasi yang diberikan sudah membantu begitu banyak saudara-saudara kita yang hidup di dipedalaman.

pembanguan mesjid Insan Bumi Pertiwi
Proses Pembangunan Masjid Bambu, NTT. (source: https://www.insanbumimandiri.org/id)


Adapun bantuan yang telah disalurkan pada sarana/fasilitas umum. Yakni, bantuan pembangunan Masjid Bambu yang terletak di Dusun Kondeng, Desa Wae Wakil, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Harapan warga Kodeng yang ingin memiliki Mesjid yang kokoh sekarang bukan lagi cuma mimpi. Tiang-tiang bambu akan berganti menjadi dinding yang kuat.

Dan masih banyak lagi bantuan donasi kepada Insan Bumi Mandiri yang di alokasikan pada bantuan Pembangunan, Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan dan bantuan umum lainnya.
Dilira, Anak petani pedalaman sumsel melawan hydrosephalus dan sindrom hemagioma (source: https://www.insanbumimandiri.org/id)

Beasiswa Anak Pedalaman NTT (source: https://www.insanbumimandiri.org/id)
Mungkin ini saja yang dapat penulis coretkan pada tulisan hari ini. 4 tahun Insan Bumi Mandiri melalui donasi-donasi yang diberikan para donatur telah menghasilkan jejak kebaikan yang telah diterima saudara-saudara kita di seluruh penjuru timur indonesia. Kalian juga bisa menjadi bagian dari mereka dengan menjadi Sahabat Pedalaman. Dimanapun kalian berada dan kapanpun kalian mau, sekarang dapat dengan mudah membantu saudara-saudara kita yang ada dipedalaman. Hanya dengan menjadi donatur pada program-program yang ada pada Insan Bumi Mandiri. Dengan mengunjungi website https://www.insanbumimandiri.org/id .

Mudah-mudahan di 4 tahun Insan Bumi Mandiri, Insan Bumi Mandiri tetap konsisten kedepannya untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di pedalaman. Dan semakin banyak donatur yang peduli akan sesama demi terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.

4 comments: