Apa itu ChatGPT OpenAI? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Halo kawan-kawan, kembali lagi dengan aku Raihan Sinaga.

Kita semua tahu, kita sedang hidup di zaman yang begitu cepat berubah. Segala perubahan yang terjadi pun membawa begitu banyak perkembangan dan kemajuan.


Belum lama ini, banyak sekali pemberitaan mengenai ChatGPT. ChatGPT adalah Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang di prakarsai oleh OpenAI. Begitu banyak pro dan kontra yang terjadi sejak peluncuran AI ini. Sebuah perubahan yang membawa kemajuan pesat dan mungkin menjadi langkah awal untuk produk-produk masa depan yang lainnya.


Dikalangan kreator sendiri, Chat GPT dikenal sebagai alat yang sangat menguntungkan, namun disatu sisi juga bisa tidak menguntungkan. Nah.. untuk pembahasan tersebut, akan aku pisah di tulisan yang lainnya. Disini kita akan membahas tentang apa itu chatGPT, apa fungsinya, dan bagaimana mengakses atau menggunakannya.


OpenAI Perusahaan dibalik ChatGPT

OpenAI adalah perusahaan yang memprakarsai adanya ChatGPT. OpenAI adalah sebuah perusahaan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang didirikan pada tahun 2015 oleh beberapa tokoh ternama dalam dunia teknologi seperti Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, dan beberapa tokoh yang lainnya.


Tujuan dari perusahaan ini sendiri adalah untuk membangun kecerdasan buatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia secara umum, serta mendorong pengembangan teknologi AI secara bertanggung jawab.


Apa itu Chat GPT?

ChatGPT adalah AI atau kecerdasan buatan yang berbasis chat Bot. ChatGPT adalah AI yang dilatih menggunakan teknologi Machine Learning untuk memahami dan membalas bahasa manusia secara alami. ChatGPT dapat digunakan untuk berinteraksi layaknya seperti berbicara kepada seseorang (manusia). Sederhananya, kita dapat berkirim pesan kepada ChatGPT seperti kita mengirim pesan kepada teman (obrolan antar manusia). ChatGPT memiliki kemampuan menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan lain-lain. Apapun yang kalian bicarakan secara alami kepada AI ini, maka ia akan memberikan responnya.


Fungsi dan Cara Menggunakan ChatGPT

Selain menjadi alat untuk menjalin komunikasi, ChatGPT memiliki fungsi dan kegunaan yang lain, antara lain sebagai berikut:


1. Chatbot

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, chatGPT dapat digunakan sebagai asisten virtual yang memberikan respon secara alami kepada kita. Kita dapat berinteraksi atau mengobrol dengan bot ini. ChatGPT dapat memberikan informasi, saran, menjawab pertanyaan, dan lain-lain.


2. Penerjemah

Selain dapat memberikan jawaban atas segala pertanyaan kita. ChatGPT juga dapat digunakan sebagai translator. ChatGPT dapat mengubah atau menerjemahkan bahasa yang kita mau, dari bahasa satu ke bahasa yang lain.


3. Kreativitas

ChatGPT dapat menjadi asisten kita dalam berkreativitas. Sebagai konten kreator, kita dapat menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan konten seperti teks, cerita, dan lain-lain. Kita dapat meminta pendapat, ide serta referensi kepada AI ini.


Mungkin itu saja yang dapat aku jelasin tentang fungsi dari ChatGPT. Sebenarnya kegunaannya masih banyak lagi, seperti dapat digunakan sebagai pelayanan pelanggan (Costumer Service) pada perusahaan atau website, alat personalisasi dan lain-lain. Namun, ketiga hal diatas yang menurut aku sejauh ini sangat berguna dan harus kalian ketahui.


Nah.. untuk cara menggunakannya sangat mudah. Kalian tinggal buka website OpenAI dan akses ChatGPT melalui website tersebut.


Chat GPT apakah berbayar?

Tenang.. aksesnya gratis kok!

Saat ini, OpenAI menyediakan akses gratis melalui situs web mereka. Dimana kalian dapat menggunakannya secara cuma-cuma. Namun, OpenAI juga menyediakan versi yang lebih canggih dan terintegrasai yang dapat diakses melalui layanan cloud mereka, yang mungkin berbayar tergantung pada tingkat penggunaan dan jenis layanan yang dibutuhkan.


Jadi, buat kalian yang penasaran ingin berinteraksi atau menanyakan hal-hal diluar nalar.. bisa meluncur ke webnya sekarang.


ChatGPT OpenAI


2 comments:

  1. halo gan saya udah buat tiktok downloader pake ChatGPT loh
    Tiktok Bulk Downloader
    cobain deh bisa download 1 video atau banyak sekaligus loh
    mampir juga ke blog saya gan
    Maniac Cybers

    ReplyDelete