Realistis x Optimis

Halo kawan-kawan kembali lagi dengan aku Raihan Sinaga.

Mungkin bukan sekali dua kali kalian mendengar ini dan mungkin kalian sendiri capek denger aku selalu saja bilang hal yang sama. Selalu aku katakan bahwasanya aku adalah orang yang hidup dengan prinsip. Selalu saja aku bilang entah itu di tulisan blogku atau video-video yang aku buat di Youtube.

 

Oh ya, buat kalian yang ngga tau.. atau baru pertama kali baca blog ini. Ya, aku juga buat video ala-ala youtuber gitu loh.. bisalah mampir juga yakan.. hhe, S3 Marketing.

 

Link Yucuubb: Channel Youtube Raihan Sinaga

 

Oke, jadi aku adalah manusia yang memiliki cukup banyak prinsip. Bukan hanya satu atau dua.. tapi cukup banyak. Jadi Prinsip-prinsip ini yang aku jadikan pedoman dan selalu aku terapin dalam berkehidupan. (Meanwhile dalam benak pembaca. “heleh.. sok berprinsip”). Oke lanjut.

 

Nah.. disini aku mau kenalin salah satu prinsip yang aku jalankan. Yakni, Optimis x Realistis, kolaborasi antara sikap optimis.. namun realistis. Yah ini adalah sikap atau pandangan dalam mengambil keputusan. Dua sikap ini aku kolaborasikan menjadi satu. Lah.. realistis tapi kok optimis? Gimana ceritanya? Itukan dua hal yang berbeda. Oke, mari kita coba.. eh, mari kita bahas.

 

Optimis dan realistis adalah dua sikap atau pandangan yang berbeda dalam menghadapi situasi. Optimis adalah pandangan yang cenderung berpikiran kepada hal-hal yang positif. Percaya bahwa segala hal akan berjalan dengan baik-baik saja. Sedangkan realistis adalah sikap atau pandangan yang cenderung lebih mengutamakan fakta dan kenyataan yang ada. Sikap realistis sendiri banyak mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang ada.

 

Sikap realistis dan optimis adalah dua sikap yang saling melengkapi dalam kehidupan. Walaupun terlihat bertolak belakang, keduanya memiliki peranan penting dalam membantu kita mencapai tujuan dan meraih kesuksesan, yakni kebahagiaan.

 

Sikap realistis mengajarkan kita untuk selalu menyadari, melihat kenyataan apa adanya dan menghadapi situasi dengan jujur dan obyektif. Namun, ini tidak berarti kita harus pesimis atau berpikiran negatif akan suatu hal. Tapi, kita harus melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang dan mempertimbangkan semua faktor yang relevan. Dengan penerapan sikap ini sendiri, kita dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekecewaan atau kegagalan yang tidak perlu.

 

Meskipun kita tahu pentingnya sikap realistis ini, kita sadari terlalu banyak fokus pada kenyataan juga dapat membuat kita mudah terjebak di dalam pola pikir negatif. Nah, inilah mengapa sikap optimis itu juga sangat penting. Sikap optimis membantu kita untuk selalu melihat sisi terang dari setiap situasi serta mempertahankan semangat positif ketika hal-hal tidak berjalan sesuai ekspektasi atau rencana.

 

Sikap optimis memungkinkan kita untuk memandang masa depan dengan harapan dan keyakinan, serta memberikan kita energi dan motivasi yang diperlukan guna mencapai tujuan kita. Dengan berfokus pada peluang dan potensi yang ada, kita dapat menemukan solusi kreatif untuk mengatasi hambatan dan meraih kesuksesan itu.

 

Namun, harus disadari kembali.. memang, terlalu banyak sikap optimis yang kita berikan dapat mengaburkan kenyataan dan membuat kita kurang siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang ada. Seperti kegagalan atau rintangan yang tidak terduga. Oleh karena itu penting juga menemukan keseimbangan antara sikap realistis dan optimis ini.

 

Kalian bisa mempraktekkan sikap realistis dan optimis ini dengan banyak cara. Contohnya seperti mengambil waktu untuk memikir situasi dengan obyektif, mengidentifikasi segala resiko dan kesempatan yang ada, merencanakan suatu tindakan yang bijaksana, serta mempertahankan semangat positif dan harapan kedepannya.

 

Nah.. jadi itulah salah satu prinsip yang aku gunakan dalam berkehidupan. Dengan prinsip bersikap realistis dan optimis ini, kita dapat lebih bijaksana dan dewasa untuk mengambil keputusan atau mengambil langkah kedepannya. Agar kedepannya kita tidak salah langkah dan mengacaukan segala hal.

 

Baiklah, itu saja buat blog kali ini.. mungkin dilain waktu aku akan berbagi prinsip-prinsip hidup yang lainnya, yag aku jalankan. Yang mungkin dapat memotivasi kalian atau menarik kalian untuk berkehidupan dengan prinsip yang sama denganku. Cyeeileehh.. si paling prinsip.

 

Oke, perlu diingat sekali lagi.. kalau kalian ingin menggunakan prinsip ini, belajarlah untuk menggabungkan keduanya dan menemukan keseimbangan yang tepat, sehingga kita dapat menghadapi tantangan hidup dengan percaya diri, kreatif, dan semangat positif.

 

Ayee..


prinsip realistis dan optimis raihan sinaga


No comments:

Post a Comment