Youtube Rewind 2020

Halo kawan-kawan, sudah lama ya nggak menyapa kalian.

Hampir berbulan-bulan lamanya aku nggak menuliskan sesuatu di blog ku. Yah.. masalahnya hampir sama seperti hari-hari sebelumnnya. Aku nggak tau apa yang mau aku tuliskan disini. Jadi, disini aku mau mengusahakan diri ini buat mulai menulis.. (lebay). Kalau acak-acakan, ngawur ngidul kemana-mana maafkan aku ya. Oke, lanjut..


youtube rewind siantar 2018
Kenangan Youtube Rewind Siantar 2018

Youtube Rewind adalah momen dimana para kreator di youtube bergabung bersama-sama dalam satu video yang merangkum kegiatan maupun hal-hal yang viral pada setiap tahunnya. 

Pihak Youtube tingkat global yang biasanya melaksanakan hal tersebut, sudah membuat pernyataan resmi bahwasanya mereka tidak mengadakannya. Yang membuat beberapa dari pengguna youtube kecewa. Yah.. termasuk aku juga.

Tapi disisi lain, keputusan ini adalah keputusan yang terbaik untuk dilakukan. Yang mana belajar dari tahun-tahun sebelumnya. Banyak kegagalan yang dilakukan oleh youtube dengan “Youtube Rewind”-nya. Dari konsep yang ngawur, pencetak dislikes terbanyak, dan lain-lain. Kalau kalian mau tau lebih lengkapnya, kalian bisa lihat langsung di youtube yah.. banyak kok yang membahas tentang ini.

Dan juga, tahun ini kita sedang mengalami pandemi global yang membuat beberapa Negara hancur, ekonomi merosot, dan permasalahan-permasalahan lainnya. Yang membuat beberapa orang berpendapat hal ini tidak patut untuk dirayakan dengan kegembiraan. Tapi menurutku ya hal ini cocok juga dilakukan karena dengan kita merayakannya dengan kegembiraan kita dapat melupakan semua hal yang telah terjadi. Biarlah yang berlalu menjadi masa lalu, mari kita buka lembaran baru dan bekerja sama memperbaiki maupun membangun suasana yang baru. Tapi ya kalau emang mau dibikin harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Walaupun Youtube Rewind Internasional gak ada. Hal ini tidak mematahkan semangat dari kreator youtube di Indonesia untuk membuat versi dari daerahnya masing-masing. Sebenarnya panjang ceritanya kalau perihal Youtube Rewind di Indonesia ini. Kenapa kreator Indonesia membuat Youtube Rewind jadi tiap-tiap daerah. Bukannya malah menjadi satu cakupan yakni Youtube Rewind Indonesia.

Terhitung dari terbitnya blog aku ini, sudah ada beberapa daerah yang meng-upload Youtube Rewind versinya masing-masing. Dari daerah Bali, Pekanbaru, Cilacap, Palu, Indramayu. Memang sih yang viral masih sama aja, namanya juga satu Negara. Tapi, konsepnya pasti berbeda-beda. Kalau kalian lihat yah nggak bakal bosen juga. Apalagi isinya kreator dari daerah masing-masing.

Dan yang paling spesial di akhir tahun ini. Para kreator terdahulu dari youtube Indonesia juga turut andil dalam pembuatan rewind. Lagi proses sih, tapi kita tunggu aja. Tapi eh tapi lagi.. beberapa clue yang dapat kulihat dari beberapa postingan atau snapgram dari mereka. Mereka tidak membuat yang namanya Youtube Rewind, tapi “Rewind Indonesia”, Boommmm. Apalagi coba itu Rewind Indonesia?

Kata “Youtube” dalam kalimat “Youtube Rewind Indonesia” sudah dihilangkan. Apakah ini berarti mereka membuatnya menjadi universal? Seperti yang kita ketahui bahwasanya di Indonesia bukan platform youtube saja yang dikenal. Baik itu Tiktok, IG, dan platform berbagi video lainnya juga digunakan oleh orang Indonesia.

Yah mau gimana lagi, kita sebagai penonton hanya bisa menunggu perilisan dari projek video yang mereka buat. Kemaren-kemaren sih ada rumor kalau Skinny24Indonesia yang mau memproduseri Youtube Rewind Indonesia 2020, tapi mungkin ada hal yang membuat mereka berubah pikiran atau apa. Nggak tahu jugak aku kan.. belum pernah berkawan juga kami. Yang keluar malah “Rewind Indonesia”, yang diproduseri oleh Chandra Liow dan Aulion.

Bercerita tentang Youtube Rewind, aku juga pernah bergabung dalam Youtube Rewind versi daerahku, yakni kota Pematang Siantar. Pada waktu itu kami membuat Youtube Rewind 2018. Sebenarnya nggak aku juga yang buat. Tapi ya kawan-kawan aku sesama Youtuber Siantar. Pada saat itu di Produseri oleh Rama Cosst dan juga Anjas Tambunan. Kawan aku si Rama ini (kalau masih dianggap), bg Anjas ya kenal-kenal gitu aja.

Di Youtube Rewind Siantar 2018, adalah aku sedikit terlihat di video. Karena aku juga lagi gencar-gencarnya jadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Medan waktu itu. Jadi kalau untuk pulang pergi hanya untuk take video agak nggak bisalah. Jadi, hanya beberapa aku ikut dalam pengambilan gambarnya, itupun sekilas-sekilas aja. Denger-denger tahun ini mereka punya rencana buat Youtube Rewind 2020, tapi sampai hari ini aku nggak dengar beritanya lagi.

Oke, mungkin sampai disini aja tulisanku. Sebagai informasi buat kalian untuk lebih mengenal kalau di Youtube itu ada yang namanya ‘Rewind”. Dan berbagi sedikit pengalamanku, serta pengetahuanku tentang Rewind.

Baik, mungkin ini saja ya kawan-kawan. Mudah-mudahan kedepannya aku mulai rajin nulis lagi. Dan menemukan gaya menulis yang nyaman buat dibaca. Jadi, buat kalian yang punya kritik atau masukan bisa langsung komen dibawah ya. Hehe.. biar kita bagusi lagi cara nulisku ini.

 

Cukup sekian, dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment