Wisata Pemandian Alam Sejuk (Timuran) yang benar-benar sejuk, Simalungun, Sumatera Utara

Halo kawan-kawan..
Siapa yang rindu dengan liburan? pasti semua orang rindu dengan yang namanya liburan. Pikiran stress, gabut, suntuk, sudah bercampur aduk dengan segala hal yang ada dikehidupan. Liburan menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau tersebut.

Nah.. di tengah pandemi covid-19 saat ini. Kita diharapkan untuk tetap stay dirumah. Tapi, saya akan tetap memberikan beberapa informasi tentang tempat-tempat wisata yang dapat kalian datangi nantinya. Dan pada coretan kali ini saya akan memperkenalkan kalian pada suatu destinasi wisata yang bisa dibilang masih kurang tereksploitasi dan juga jarang diketahui oleh orang luar daerahnya sendiri. Penasaran kan? Yuk baca coretan ini sampai habis.

pemandian alam sejuk timuran
Pemandian Alam Sejuk, (Source: Pribadi)


Pemandian Alam Sejuk (Timuran)
Pemandian Alam Sejuk (PAS) atau yang biasa disebut Timuran oleh orang-orang daerahnya, adalah sebuah pemandian yang terletak di Nagori Mariah Jambi, Kab. Simalungun. Dari namanya saja pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya. Kenapa namanya Pemandian Alam Sejuk? Apakah pemandian ini ada di alam bebas atau hutan? hehe tidak seperti itu juga yak.

Pemandian ini berasal dari mata air yang timbul  di beberapa penjuru pemandian. Hal ini pula membuat air dari pemandian ini tampak jernih dan memang dijamin keasliannya yang benar-benar berasal dari alam. Air yang jernih ini membuat mata terpana jika kita sudah melihatnya dan ingin dengan segera melompat ke dalam pemandian tersebut. Pemandian ini sendiri bisa dibilang cukup luas, dengan varian kedalaman yang dapat kita temui dari atas sampai ke bawah sepanjang dari pemandian ini.

Saya rekomendasikan kepada anda untuk membawa keluarga atau rombongan untuk datang ketempat ini. Karena dijamin seru menghabiskan waktu bersama-sama bermain air. Tempat ini biasa digunakan orang-orang untuk berekreasi, berlatih berenang, atau hanya sekedar foto-foto untuk melengkapi galeri sosmed. Tempat ini juga biasa digunakan siswa-siswi akhir pada saat masa kelulusan atau selesai ujian nasional (UN). Jadi, jangan heran jika anda berkunjung pada waktu tersebut akan menjumpai banyak anak sekolah yang berkumpulan ramai-ramai disekitaran pemandian.

Pada masa-masa liburan, pemandian ini akan penuhi oleh padatnya pengunjung. Entah itu dari orang daerahnya sendiri ataupun luar. Sedangkan jika tidak pada masa-masa liburan, pemandian ini akan cukup sepi atau bisa dibilang sampai-sampai tidak ada satu orangpun yang berenang. Namun, saya sendiri lebih menyukai suasana tersebut, karena berenang sendirian di air yang menyejukkan itu lebih cepat menghantarkan pada ketenangan jiwa.

Pemandian ini bukan hanya menyediakan tempat untuk mandi semata. Namun, kita dapat menemukan kolam pemancingan yang telah disediakan untuk orang-orang yang hobi memancing.

jalan masuk pas
Jalan masuk melalui jembatan, (Source: Pribadi)

Rute/Jalan Masuk

Pemandian ini terletak di tengah-tengah kampung dan juga ditengah-tengah dari kebun kelapa sawit. Ada 2 jalan masuk yang bisa kita lalui untuk sampai di Pemandian ini. Yang pertama, kita dapat melalui lapangan golf yang ada di bah jambi. Dan yang kedua, kita dapat melewati jembatan yang mengarah dari serapuh.

Biaya dan lain-lain
Untuk bisa masuk ke pemandian ini, biasanya motor akan dipungut tarif biaya Rp5000 dan Mobil  Rp10.000. Untuk penyewaan tempat seperti lesehan, bungalow atau tempat singgah lainnya memiliki beberapa variasi harga. Begitu juga beberapa kuliner yang disediakan. Dijamin tidak akan boros pengeluaran dikarenakan tarif biaya yang dibandrol tidak begitu mahal juga.

Berikut adalah beberapa foto lokasi dari wisata Pemandian Alam Sejuk (PAS):
Parkiran yang cukup luas, (Source: Pribadi)

Pemandian Alam Sejuk dengan tingkat kedalaman rendah, (Source: Pribadi)

Pemandian Alam Sejuk dengan tingkat kedalaman tinggi, (Source: Pribadi)

No comments:

Post a Comment